Studi Literasi Tentang Frekuensi Langkah Dan Panjang Langkah Pada Kecepatan Lari Sprint 100 Meter

  • Bambang sujiono Soemaredjo FIO INJ
Keywords: Frekuensi Langkah, Panjang Langkah, Lari Sprint 100 Meter

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui frekuensi langkah dan panjang langkah terhadap kecepatan lari sprint 100 meter pada atlet-atlet top dunia.  Penelitian ini secara keseluruhan dilakukan melalui studi literatur dengan data-data yang ada di artikel serta informasi di media social. Penelitian ini mengggunakan sampling atlet-atlet putera dan puteri yang telah menjuarai dibeberapa kejuaraan atletik dunia.  Disain Penelitian ini menggunakan metode analisis dokumenter pada data-data yang ada di media olahraga dan juga artikel berupa profil dari atlet putera dan puteri yang telah menjuarai beberapa kejuaraan dunia atletik. Hasil dari penelitian ini didapatkan : 1). Frekuensi langkah merupakan faktor yang memberikan kontribusi lebih besar terhadap kecepatan lari Sprint dibandingkan dengan panjang langkah,2). Sprinter dengan Tinggi Badan dibawah 180 cm memiliki kecepatan lari yang lebih baik dibandingkan dengan Sprinter dengan Tinggi Badan diatas 180 cm,3). Sprinter dengan Tinggi Badan diatas 180 cm jumlahnya lebih banyak dibandingan dengan Sprinter dengan Tinggi Badan dibawah 180 cm.

 

Kata kunci: Frekuensi Langkah, Panjang Langkah, Lari Sprint 100 meter.

 

ABSTRACT

The study aims to find out the frequency of steps and the length of steps against the 100-meter sprint speed in the world's top athletes.This research was conducted in its entirety through literature studies with the data in the article as well as information on social media.This study uses sampling of male and female athletes who have won in several world athletics championships.This research design uses documentary analysis method on data in sports media and also articles in the form of profiles of male and female athletes who have won several athletics world championships.The results of this study were obtained: 1). Step frequency is a factor that contributes more to Sprint running speed compared to the length of the step,2).Sprinters under 180 cm have a better running speed compared to sprinters with a height above 180 cm,3).Sprinters with height above 180 cm are more numerous than sprinters with heights below 180 cm.

 

Keywords: Step Frequency, Step Length, Sprint Speed 100 Meters

References

Aip Syarifuddin. 1992. Olahraga Pilihan Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Dirjen Pendidikan Tinggi PPTK

Ambarukmi Hatmisari Dwi, dkk. 2007. Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Jakarta: Aisten Deputi Pengembangan Tenaga dan Pembina Keolahragaan.

Bompa, Tudor O. 2009. Terjemahan BE. Rahantoknam, Johansyah Lubis. Jakarta: Periodization theory and Methodology of training. Jakarta: FIK UNJ

Dadang Masnun. 2009. Kinesiologi Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.

Hadi Legowo. Lari Jarak Pendek, http://hadilegowo08.blogspot.com, diakses pada Rabu 23 Oktober 2013

M. Yusuf Hadisasmita. 1992. Atletik Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Muller Harald, Terjemahan Suyono Danusyogo, Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar, Level 1

PASI. 1994. Pengenalan Teori Melatih Atletik, Jakarta: Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)

Purnomo. E & Dapan,2011. Dasar-Dasar Atletik. Yogyakarta : Alfamedia, 2011.

Ronny Kountur. 2007. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: PPM

Sajoto. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam olahraga. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988.

Soedarminto. 1992. Kinesiologi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soegito. 1990. Teori dan Praktek atletik Dasar, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1990

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Published
2021-01-20