ANALISIS SISTEM PERTAHANAN ZONE PRESS TIM BOLA BASKET PUTERA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PADA STAN BIG BALL TOURNAMENT 2015

  • Ahmad Kholil Robbani Universitas Negeri Jakarta
  • Iman Sulaiman Universitas Negeri Jakarta
  • Yasep Setiakarnawijaya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sistem Pertahanan, Zone Press, Bola Basket

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) analisis keberhasilan sistem pertahanan 3-2 zone press. (2) analisis keberhasilan sistem pertahanan 2-3 zone press. (3) analisis keberhasilan sistem pertahanan 2-2-1 full court press. (4) analisis tingkat keberhasilan dari ketiga sistem pertahanan tim bola basket putra Universitas Negeri Jakarta pada STAN BIG BALL TOURNAMENT 2015.

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Instrumen pengambilan data menggunakan tabel-tabel yang berkolom untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan 3-2 zone press, 2-3 zone press, dan 2-2-1 full court press dengan kriteria keberhasilan dan kegagalan. Populasi yang digunakan yaitu seluruh aktivitas bertahan tim bola basket putera UNJ pada STAN Big Ball Tournament 2015, dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh aktivitas bertahan menggunakan sistem pertahanan zone press, dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan tabel-tabel yang berkolom untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan 3-2 zone press, 2-3 zone press, dan 2-2-1 full court press dengan kriteria keberhasilan dan kegagalan. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan sistem pertahanan zone press (3-2 zone press, 2-3 zone press, dan 2-2-1 full court press), yang selanjutnya akan diperoleh data yang bersifat kuantitatif.

Hasil analisis data dari jumlah sebanyak 6 pertandingan, diperoleh keseluruhan aktifitas 3-2 zone press memperoleh 130 kali percobaan dengan persentase 52,31% untuk keberhasilan dan 47,69% untuk kegagalan. Keseluruhan aktifitas 2-3 zone press memperoleh 28 kali percobaan dengan persentase 42,86% untuk keberhasilan dan 57,14% mengalami kegagalan, dan yang terakhir sistem 2-2-1 full court press memperoleh 37 kali percobaan dengan persentase 62,16% untuk keberhasilan dan 37,84% mengalami kegagalan.

 

Kata Kunci ; Sistem Pertahanan, Zone press, Bola Basket

Published
2017-11-10