ANALISIS KEMAMPUAN ASSIST TERHADAP PEROLEHAN POINT TIM BOLA BASKET PUTRI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PADA KEJUARAAN LIGA MERAH MAROON 2016

  • Swilia Galih Puspa Universitas Negeri Jakarta
  • Iman Sulaiman Universitas Negeri Jakarta
  • Yasep Setiakarnawijaya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kemampuan Assist, Bola Basket

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang analisis kemampuan assist terhadap perolehan point pada tim bola basket putri Universitas Negeri Jakarta secara tim serta peranan penting dari assist dalam suatu tim. Tempat penelitian di Jakarta dan tempat pengambilan data di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan. Pada tanggal 29 Februari 2016 - 6 Maret 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengambilan data observasi atau survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemain tim bola basket putri Universitas Negeri jakarta yang berjumlah 12 orang yang bertanding pada kejuaraan Liga Merah Maroon 2016. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel sehingga dari sampling tersebut didapatlah sampel yang berjumlah 12 orang.

Dilihat dari hasil penelitian tentang seluruh aktivitas assist yang diperoleh yaitu assist chest pass sebesar 61%, assist bounce pass sebesar 11%, assist overhead pass sebesar 28%. Dimana tingkat keberhasilan assist chest pass sebesar 66%, assist bounce pass sebesar 58%, assist overhead pass sebesar 50% dan menunjukkan tingkat kegagalan assist chest pass sebesar 34%, assist bounce pass sebesar 42% dan assist overhead pass sebesar 50% serta presentase kemampuan assist terhadap perolehan point yaitu assist chest pass sebesar 29,2%, assist bounce pass sebesar 7,4% dan assist overhead pass sebesar 17,5 %. Oleh karena itu dilihat dari hasil seluruh aktivitas assist, keberhasilan dan kegagalan assist dan kemampuan assist terhadap perolehan point terlihat bahwa assist yang paling banyak sering dilakukan dan banyak menghasilkan angka adalah assist chest pass sedangkan assist yang paling sedikit dilakukan dan sedikit menghasilkan angka adalah assist bounce pass.

Ini dapat disimpulkan dalam melakukan sebuah assist pada setiap pertandingan, individual skill dan akurasi sangat amat penting karena didalam membuat assist dimana kedua pemain berperan untuk melakukan passing serta rekan tim yang menerima harus melakukan tembakan ke arah basket atau ring tanpa melakukan gerakan dribble serta diakhiri menjadi sebuah point.

Published
2018-11-05