PERSEPSI WANITA TERHADAP MANFAAT KOSMETIK PERAWATAN RAMBUT DARI BAHAN DASAR BUAH ATAU SAYUR UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN PADA RAMBUT

  • ELVYRA YULIA JAKARTA
Keywords: Persepsi, Kosmetik buah dan sayur, Perawatan Rambut

Abstract

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wanita terhadap manfaat kosmetik perawatan rambut dari bahan dasar buah dan sayur untuk mengatasi permasalahan pada rambut. Populasi penelitian ini adalah semua wanita usia produktif 17-45 tahun yang pernah melakukan perawatan rambut di rumah maupun di salon kecantikan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 30 orang responden.

            Metode penelitian ini ialah metode survey dengan mengambil data bersifat kuantitatif. Pengambilan data mengenai persepsi ibu-ibu rumah tangga terhadap manfaat kosmetik buah dan sayur dalam perawatan rambut. Metode pengumpulan data kuantitatif diperoleh dengan penyebaran kuisoner menggunakan pernyataan tertutup sebagai instrument utama untuk pengumpulan data, guna medapat gambaran tentang aspek pengetahuan, pandangan dan respon wanita terhadap manfaat kometik buah dan sayur dalam perawatan rambut.

             Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui persepsi wanita tersebut menggunakan dengan skala likert dengan rentang 1 - 4 tingkat.  Jawaban dari gradasi sangat positif (skala 4) sampai sangat negative (skala 1).  Uji validitas instrument ditentukan dengan menggunakan r tabel kemudian diuji reliabilitasnya.        

             Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjawab apakah selanjutnya perlu dilakukan sosialisasi atau penyuluhan tentang pentingnya pengetahuan wanita terhadap kosmetik berbahan dasar buah dan sayur untukperawatan rambut sehari-hari.

Published
2019-12-31