ANALISIS PENGETAHUAN TATA RIAS WAJAH SEHARI-HARI DAN PERILAKU PENGGUNAAN KOSMETIKA

Indonesia

  • Chika Gautama Universitas Negeri Jakarta
  • Neneng Siti Silfi Ambarwati Cosmetology Department, Engineering Faculty, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13220, Indonesia.
Keywords: tata rias wajah, penggunaan kosmetika

Abstract

 

CHIKA ERFIANDI GAUTAMA. Analisis Pengetahuan Tata Rias Wajah Sehari-hari dan Perilaku Penggunaan Kosmetika (Studi pada PNS Wanita di Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan). Jakarta. Program Studi Diploma Tiga Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negri Jakarta, 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai gambaran pengetahuan tata rias wajah dan perilaku penggunaan kosmetika di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) wanita di KEMENDIKBUD. Objek penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu sebanyak 25 orang. Penelitian ini dibuat menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) wanita yang bekerja di KEMENDIKBUD. Berdasarkan kajian teoritis dan pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menghasilkan nilai pengetahuan tata rias sebesar 92.5% dan perilaku penggunaan kosmetika sebesar 86.04%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tata rias serta perilaku penggunaan kosmetika di kalangan PNS wanita KEMENDIKBUD termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil ini dapat diperoleh karena didukung oleh faktor-faktor seperti faktor pendidikan, faktor pekerjaan, dan faktor pengalaman.

Published
2021-06-01