PROTOTYPE KERANJANG BELANJA PINTAR BERBASIS ARDUINO UNO

  • ryan saputra UNJ
  • Pitoyo Yuliatmojo Fakultas Teknik- Universitas Negeri Jakarta
  • Aodah Diamah Fakultas Teknik- Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah membuat sistem Keranjang Belanja yang dapat mengikuti customer yang sedang berbelanja, membaca kode barcode dari belanjaan, dan mengetahui berat belanjaan yang sudah ada didalam keranjang belanja. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Prinsip dasar yang merupakan karakteristik metode penelitian dan pengembangan 4 tahap Model Brog & Gall, yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap pengujian. Hasil Penelitian Keranjang Belanja Pintar dapat direalisasikan dengan penggabungan sub-sistem yang berfungsi dengan baik, diantaranya. Arduino Uno, Raspberry, Display LCD TFT Raspberry, webcam, Sistem Pengukuran Berat Berbasis Load Cell 5Kg dan HX711, Buzzer, Ultrasonik, Motor DC, Modul Monster Driver Motor Shield VNH2SP30, Scanner Barcode, LCD 16×2, dan Accumulator. Sistem Keranjang Belanja Pintar dapat mengikuti objek yang sudah terkunci oleh sistem kamera webcam dengan cara menekan tombol “a” yang terdapat pada keyboard, dapat mengetahui hasil belanjaan yang tersimpan disuatu file yang sudah ditentukan dan tersimpan pada flashdisk agar file tersebut dapat dilihat oleh pihak kasir agar bisa melihat jumlah harga belanjaan, dan dapat mengetahui berat belanjaan yang sudah terdapat pada keranjang belanja maksimal 20Kg.

Published
2019-12-04