PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER BASIC DIGITAL

  • ibnu hary wahyudi UNJ
  • Rusmono Fakultas Teknik- Universitas Negeri Jakarta
  • Jusuf Bintoro Fakultas Teknik- Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian yang dikembangkan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran trainer dan modul bahan praktikum sebagai media pembelajaran kelas X Teknik Audio Video pada matapelajaran pemprograman, mikroprosesor, dan mikrokontroller khusus pembahasan dasar-dasar teknik digital di SMK Negeri 7 Bekasi. Penelitian yang dikembangkan menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dengan model pengembangan ASSURE (Analyze learner, State standards and objectives, Select strategis technology, media and materials, Utilize technology, media and materials, Requaire learner participation, Evaluate and rivise), namun penelitian dibatasi hanya sampai tahap Requaire learner participation. Tahap pengembangan meliputi: 1) Analisis Pembelajaran, 2) Merumuskan Standard dan Tujuan, 3) Memilih Strategi,Teknologi, Media, dan Materi, 4) Menggunakan Teknologi, Mediam dan Bahan Ajar, 5) Mengharuskan Partisipasi Peserta didik. Media trainer basic digital divalidasi dan dinyatakana kelayakannya dengan menggunakan kuesioner/angket oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 35 respon peserta didik kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 7 Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan presentase kelayakan media diperoleh sebesar 87% dari ahli media, 86% dari ahli materi, dan 84% hasil ujicoba penggunaan trainer dari peserta didik. Dari ketiga perolehan tersebut, media pembelajaran trainer basic digital masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pemprograman, mikroprosesor, dan mikrokontroller di Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Bekasi.

Published
2019-12-04