PENERAPAN ATS SECARA DARING PADA MATA KULIAH BUNSHO HYOGEN

  • Ni Luh Gede Meilantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: peer review,, ATS,, Mengarang

Abstract

PENERAPAN ATS SECARA DARING PADA MATA KULIAH BUNSHO HYOGEN

 

Ni Luh Gede Meilantari

Universitas Mahasaraswati Denpasar

meilantari@unmas.ac.id

 

ABSTRAK

Sejak awal tahun 2020, terjadi pandemi yang bersifat global, yaitu Covid-19. Pandemi ini mengubah paradigma sosial di masyarakat. Di Indonesia sendiri, saat pertama kali ditemukan kasus Covid-19 pada bulan Maret 2020, pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pembatasan kegiatan masyarakat, termasuk kebijakan belajar dari rumah, secara onlineatau dalam jaringan (daring). Perubahan yang cepat dan mendadak ini mengakibatkan para pengajar dan pembelajar harus beradaptasi dengan pembelajaran daring. Perubahan dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran daring juga memaksa pengajar harus kreatif serta inovatif dalam mengajar dan menyiapkan bahan ajar. Salah satu metode mengajar adalah Asesmen Teman Sejawat atau ATS.

ATS atau teknik pengoreksian teman sejawat, menurut Kustati dan Suhardi (dalam Sholihah, 2018: 63) merupakan teknik kolaborasi yang membuat peserta didik lebih aktif dalam belajar menulis dengan melakukan kerjasama antar team untuk saling bertukar pikiran dan memberikan saran terhadap hasil tulisan mereka. Dengan beberapa kajian dan penelitian terdahulu, penelitian ini bermaksud mengetahui penerapan ATS di masa pandemi Covid-19 yang diterapkan secara daring (online) melalui google classroom pada kelas mengarang tingkat lanjutan (bunsho hyougen) di Program Studi Sastra Jepang Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Penerapan teknik ATS melalui google classroom pada pembelajaran Bunsho Hyougen berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa. Ini dibuktikan dari nilai rata-rata mahasiswa. Saat tugas pertama (karangan hanya diperiksa dosen), rata-rata nilai adalah 86,61. Kemudian meningkat menjadi 87,91 dan 88,7 di tugas kedua dan ketiga (karangan diperiksa dosen dan rekan sejawat).

 

Kata kunci: Peer review, ATS, mengarang

Published
2021-06-28