Studi Delay Time Dan Time Headway Bus Tranjakarta Koridor IV

  • Winoto Hadi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: bus tije, delay time, time headway

Abstract

Tujuan dioperasikannya Bus Transjakarta (Tije) adalah memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, terjangkau bagi warga Jakarta. Namun dalam pengadaan itu sendiri juga banyak mengalami kendala terutama waktu kedatangannya yang cenderung lama padahal sudah cukup lama bus Transjakarta beroperasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi nilai delay time bus Transjakarta koridor IV di titik-titik konflik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkirakan besaran nilai delay time, time headway dan meminimize delay time. Metode penelitian menggunakan metode survey pengamatan (observasi) dengan melakukan pengamatan terhadap jalannya operasional bus Tije di titik-titik konflik pada jalur busway dan mengikuti perjalanan bus Tije (journey method). Variabel yang diteliti adalah jumlah kendaraan yang memotong jalur busway (mobil dan motor) dan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melewati titik konflik tersebut serta jumlah waktu bus Tije kembali ke titik semula. Survey tersebut mengamati waktu tundaan (delay time), waktu antar bus (time headway), jumlah armada bus yang beroperasi. Hasil dari observasi dideskriptifkan untuk melihat hubungan antara waktu tundaan dan waktu antar bus terhadap jumlah armada bus yang beroperasi.

Published
2008-04-01
Section
Articles