Optimalisasi Pengaturan Lalu Lintas Jalan Pemuda di Wilayah DKI Jakarta Timur
Abstract
Berdasarkan data Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah kendaraan sepanjang Jalan Pemuda yaitu pada tahun 2007 sekitar 6.604 smp/jam dan pada tahun 2008 meningkat menjadi 7.227 smp/jam dengan peningkatan 15% – 20%. Pada masa yang akan dengan meningkatnya volume kendaraan tersebut akan terjadi kemacetan dan pelanggaran lalu lintas di Jalan Pemuda karena disebabkan adanya pembangunan pada titik akses seperti Universitas Negeri Jakarta, Arion Mall dan lain–lain yang berada sepanjang Jalan Pemuda di Wilayah Jakarta Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dampak dari adanya ketertiban berlalu lintas dalam perencanaan pada pembangunan di Wilayah Provinsi DKI Jakarta. Metode penulisan ini menggunakan metode deskripsi dengan jenis pendekatan kuantitatif, juga menggunakan metode survei untuk mencari data utama dalam pengumpulan data primer maupun data sekunder yang saling berkaitan. Sampel Transportasi adalah masyarakat yang menggunakan kendaraan (sepeda motor, angkutan umum dan mobil), dengan teknik acak sederhana (random sampling). Teknik pengumpulan data yang utama adalah survei dan wawancara dengan petugas Dinas Perhubungan. Dengan tujuan untuk mengoptimalkan sistem manajemen lalu lintas dan Pola Transporatsi Makro wilayah DKI Jakarta khususnya sepanjang Jalan Pemuda Jakarta Timur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License