Optimalisasi Pengaturan Lalu Lintas Jalan Pemuda di Wilayah DKI Jakarta Timur

  • Santoso Sri Handoyo Universitas Negeri Jakarta
  • Silka Afriansyah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah kendaraan sepanjang Jalan Pemuda yaitu pada tahun 2007 sekitar 6.604 smp/jam dan pada tahun 2008 meningkat menjadi 7.227 smp/jam dengan peningkatan 15% – 20%. Pada masa yang akan dengan meningkatnya volume kendaraan tersebut akan terjadi kemacetan dan pelanggaran lalu lintas di Jalan Pemuda karena disebabkan adanya pembangunan pada titik akses seperti Universitas Negeri Jakarta, Arion Mall dan lain–lain yang berada sepanjang Jalan Pemuda di Wilayah Jakarta Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dampak dari adanya ketertiban berlalu lintas dalam perencanaan pada pembangunan di Wilayah Provinsi DKI Jakarta. Metode penulisan ini menggunakan metode deskripsi dengan jenis pendekatan kuantitatif, juga menggunakan metode survei untuk mencari data utama dalam pengumpulan data primer maupun data sekunder yang saling berkaitan. Sampel Transportasi adalah masyarakat yang menggunakan kendaraan (sepeda motor, angkutan umum dan mobil), dengan teknik acak sederhana (random sampling). Teknik pengumpulan data yang utama adalah survei dan wawancara dengan petugas Dinas Perhubungan. Dengan tujuan untuk mengoptimalkan sistem manajemen lalu lintas dan Pola Transporatsi Makro wilayah DKI Jakarta khususnya sepanjang Jalan Pemuda Jakarta Timur.

Published
2019-05-18
Section
Articles