Efisiensi Waktu Bongkar Muat Kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok

  • Adhi Purnomo Universitas Negeri Jakarta
  • Yulista Hestira Puja
Keywords: kecepatan bongkar muat, dermaga TPT, kapal roro

Abstract

PT. Mitra Samudera Jaya Lines merupakan perusahaan agen pelayaran. Mereka mengageni kapal-kapal container dan kapal-kapal Roll on Roll off (RORO) milik K-Lines. Khusus kapal-kapal RORO, disandarkan di dermaga TPT yang merupakan terminal khusus kendaraan (vehicle) di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realisasi dari standar kecepatan bongkar dan kecepatan muat yang ditetapkan oleh TPT belum dapat dicapai secara optimal da n dari hasil perhitungan berdasarkan data-data pada bulan September 2008-Mei 2009, rata-rata kecepatan bongkar dan muat kapal RORO di dermaga TPT yaitu kecepatan bongkar 71 unit/jam dengan rata-rata 0,85 menit/unit dan kecepatan muat 146 unit/jam dengan rata-rata 0,41 menit/unit. Kecepatan ini belum mencapai hasil yang optimal yang seharusnya sekitar 280 unit/jam dengan rata-rata 0,21 menit/unit dan kecepatan muat seharusnya 220 unit/jam dengan rata-rata 0,27 menit/unit. Rendahnya kecepatan bongkar muat tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: menunggu datangnya kendaraan muat, kendaraan yang dibongkar dan dimuat merupakan jenis alat berat, kondisi kendaraan bongkar dan muat yang rusak, kendaraan baru yang belum dikenal driver, lokasi di kapal, perjalanan menuju tempat parkir, driver, lapangan parkir kendaraan

Published
2010-04-05