MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA PROGRAM STUDI D III TRANSPORTASI DENGAN METODE PENDEKATAN PROJECT MANAGEMENT

MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA PROGRAM STUDI D III TRANSPORTASI DENGAN METODE PENDEKATAN PROJECT MANAGEMENT

  • Anisah D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Keywords: project management, D III Transportasi, biaya dan waktu

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencoba mengadopsi dari bidang project management untuk mentransfer berbagai kebijakan program ke dalam bahasa management demi tercapainya bussiness plan perusahaan dan dalam hal ini yang berkaitan dengan program kerja di Program Studi D III Transportasi.

Berdasarkan hasil penelitian ditenukan bahwa, penggunaan project management berdasarkan PMBOK mempermudah dalam menyusun agenda kegiatan maupun program kerja di Jurusan Teknik Sipil dan dalam hal ini diwakili oleh Program Studi D III Transportasi.

Variabel constraint yang penting dalam project management adalah waktu dan biaya. Kedua variabel tersebut yang menjadi acuan kesuksesan dalam mengelola kegiatan dan berdasarkan hasil olahan, waktu pelaksanaan program lebih cepat dari perencanaan sebesar 253 (dua ratus lima puluh tiga) hari kerja, dimulai dari tanggal 1 Januari 2009 hingga tanggal 31 Desember 2009. Lebih cepat 13 (tiga belas) hari kerja dari perencanaan. Sedangkan biaya pelaksanaan kegiatan mencapai Rp. 645.604.293,- sedangkan dalam perencanaan mencapai Rp. 650.813.000,-. Terdapat efisiensi biaya sebesar Rp. 5.208.707,-. Bobot masing-masing anggota tim dalam pelaksanaan program adalah : a. Ketua program sebesar 214 hari kerja, b. Wakil program sebesar 199 hari kerja, c. Perencana sebesar 225 hari kerja, d. Administrasi sebesar 280 kerja, e. Keuangan sebesar 50 hari kerja, f. Dosen pendukung 1,2,3,4 sebesar 98,96,132 dan 131 hari kerja. Khusus untuk administrasi melebihi waktu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan 268 dan 253 hari kerja, hal ini disebabkan administrasi butuh waktu lebih banyak/porsi kegiatan lebih banyak sehingga perlu extra working time/kerja lembur atau dengan menambah personil SDM nya.

Published
2010-10-04
Section
Articles