PENGARUH WAKTU KERJA EFEKTIF TERHADAP KINERJA PEMBONGKARAN MUATAN CURAH DARI KAPAL PADA TERMINAL KHUSUS PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA DI PELABUHAN CIGADING, BANTEN

  • Dadang Suyadi S D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Jasief S. Putrahardja D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Rizky Ichwan D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu kerja efektif (effective time) terhadap kinerja bongkar muatan curah dari kapal dilaksanakan di PT. Krakatau Bandar Samudera. Dalam penulisan ini diuraikan kegiatan di bagian Down Stream Departemen Jasa Pelabuhan.

Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan, dan untuk pengolahan data menggunakan metode observasi lapangan langsung dan dokumentasi data kegiatan perusahaan serta interview dengan nara sumber yang dapat memberikan informasi secara jelas.

            Kelancaran serta kecepatan kegiatan pembongkaran muatan curah dari kapal di pelabuhan merupakan pelayanan yang harus diberikan kepada pemakai jasa pelabuhan. Dalam kegiatan pembongkaran waktu yang ada harus bisa dioptmalkan karena akan mempengaruhi lamanya kapal tersebut sandar di dermaga. Dalam hal ini, banyak faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bongkar di pelabuhan tersebut. Salah satunya adalah waktu kerja efektif (effective time), semakin efisien waktu kerja efektif (effective time) maka kinerja dari kegiatan pembongkaran tersebut semakin efektif. Sehingga waktu kerja efektif (effective time) memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam kegiatan pembongkaran ataupun pemuatan.

Dari hasil observasi di lapangan dan hasil analisis data yang pengolahannya menggunakan persamaan regressi linear sederhana, penulis mendapati bahwa korelasi antara waktu kerja efektif (effective time) dan kinerja bongkar muatan curah dari kapal memang ada dan hubungannya kuat (r=0,7365). Adapun pengaruh waktu kerja efektif terhadap kinerja bongkar cukup signifikan (r2 = 0,5424 yaitu Koefisien Determinasi = 0,5424). Hal ini berarti sumbangan waktu kerja efektif (effective time) sebesar 54,24% terhadap variasi naik turunnya kinerja bongkar muatan curah dari kapal. Hal ini menunjukan bahwa waktu kerja efektif (effective time) berpengaruh cukup signifikan terhadap kinerja bongkar muatan curah dari kapal.

Published
2010-01-04
Section
Articles