PERAN AWAK KAPAL PANDU DI PELABUHAN INDONESIA PT (PERSERO) II CABANG TANJUNG PRIOK

  • adhi purnomo D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Vivian Karim Ladesi
  • Setya Triatmaja D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Divisi Kepanduan adalah Divisi yang terdapat pada PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, yang mempunyai tugas utama yaitu menyediakan jasa pemanduan kapal dan menyediakan sarana bantu pemanduan, pemanduan kapal tidak terlepas oleh peranan penting awak kapal pandu yang mempunyai tugas dan fungsi untuk memberi pengetahuan kepada nahkoda kapal dalam hal olah gerak kapal diwilayah perairan pelabuhan demi terciptanya keselamatan dan kelancaran. Laporan ini bertujuan untuk mengetahui peran dari awak kapal pandu dalam rangka mengoptimalkan tugas, fungsi serta kinerja dari para awak kapal pandu. Metode penulisan yang dugunakan penulis adalah metode observasi, wawancara dengan petugas yang berwenang dan dengan melakukan peninjauan kepustakaan.

Dalam kegiatannya, Pengawakan menemukan hal – hal yang dapat menghambat kesiapan kinerja para awak kapal yaitu terjadinya kekurangan awak kapal pandu.

Hal yang harus dilakukan dalam meningkatkan peran awak kapal pandu adalah dengan menambah awak kapal, meningkatkan kinerja serta melakukan pelatihan untuk keterampilan.

Dari permasalahan tersebut diatas, maka penulis memberian saran agar menambah SDM sebanyak 3 (Tiga) orang untuk awak kapal pandu dan memberikan pendidikan keterampilan sesuai dengan KM 70 dalam hal persyaratan keahlian dan ketrampilan pengawakan

Published
2010-10-04
Section
Articles