FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT CONTAINER KAPAL KEAGENAN PT. MITRA SAMUDRA JAYA LINES DI JAKARTA INTERNASIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT)

  • Henita Rahmayanti D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Achmad Tirtayadi D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan produktivitas bongkar muat container di PT. JICT Tanjung Priok. Metode yang digunakan oleh penulis untuk menyusun tugas akhir ini adalah metode kepustakaan dan untuk pengolahan data penulis menggunakan metode observasi lapangan langsung dan dokumentasi data kegiatan perusahaan serta interview dengan narasumber yang dapat memberikan informasi secara jelas kepada penulis.

Berdasarkan dari kegiatan produktivitas bongkar muat container di PT. Mustika Alam Lestari. Maka permasalahan yang dapat mempengaruhi kegiatan produktivitas bongkar muat container kapal keagenan PT. MSJL di dermaga  PT. JICT antara lain; Lahan penumpukan yang terbatas dan kurang memadai di PT. Mustika Alam Lestari. Kelancaran dan keterhambatan kegiatan bongkar muat container dengan ketersediaan alat masih kurang dari PT. Mustika Alam Lestari dengan perbandingan satu unit QCC, dilayani dua RTGC dilapangan dan Head Truck / Chassis empat unit.

Dari hasil observasi di lapangan maka penulis memberikan solusi atas permasalahan tersebut yaitu : Agar kegiatan produktivitas bongkar muat container di dermaga PT. MAL maka semua tempat, tat letak lokasi, lay out, stowage, plan hendaknya dilaksanakan sesuai rencana. Apabila terjadi keterlambatan head truck dan chassis melakukan manufer pada lahan yang terbatas, supaya disiapkan alat-alat mechanic yaitu forklip dengan kapasitas angkut 30 ton dan top loder. Dua unit RTGC, sepuluh unit Head Truck untuk mempercepat bongkar muat container terhadap lahan penumpukan yang terbatas dan kurang memadai agar penumpukan petikemas disusun vertical ke atas dengan tear yang maksimal atau optimal

Published
2011-04-04
Section
Articles