OPTIMALISASI KEGIATAN STACKING DI LAPANGAN IMPOR YANG MEMPENGARUHI TRUCK ROUND TIME DALAM KEGIATAN DELIVERY DI TERMINAL PETI KEMAS KOJA

  • sumarno D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Santoso Sri Handoyo D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • M. Luthfie D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Pada dasarnya dalam kegiatan delivery, consignee menyerahkan SP2 (Surat Penyerahan Peti Kemas) di gate in, kemudian apabila tidak sesuai SP2 maka dikembalikan kepada consignee. Apabila sesuai maka dilakukan gate in transaction, kemudian consignee dapat segera menerima peti kemasnya sesuai lokasi penumpukan yang tertera di SP2, hal tersebut dimaksudkan agar consignee dapat dengan cepat mengeluarkan peti kemasnya dari lapangan penumpukan dan truk tidak perlu berlama-lama berada di dalam terminal peti kemas.

Untuk menghasilkan optimalnya waktu yang cepat dibutuhkan pelayanan yang memadai. Tingkat pelayanan yang cepat sangat berpengaruh terhadap optimalnya waktu Truck Round Time dalam kegiatan delivery. Semakin cepatnya waktu Truck Round Time, maka semakin optimalnya proses kegiatan delivery, dan sebaliknya. Dari hasil pengamatan, penulis menemukan masalah yaitu salah satunya peti kemas yang akan diambil oleh consignee tidak berada di lokasi SP2 karena telah mengalami perubahan posisi yang tidak di perbaharui oleh petugas lapangan dan kurang maksimalnya alat dalam proses lift on sehingga berdampak pula dalam proses kegiatan delivery.

Kesimpulan beberapa faktor dominan penyebab lamanya waktu yang dibutuhkan oleh consignee untuk mengambil peti kemasnya, yaitu kurangnya rasa disiplin dari petugas lapangan untuk memperbaharui posisi terbaru, sehingga lamanya proses delivery peti kemas impor. Selain itu penulis juga masukan beberapa saran kepada terminal atas faktor sulitnya mencari petikemas yang berdampak pada bertambahnya waktu Truck Round Time.

Published
2011-04-04
Section
Articles