PELAYANAN EKSPOR COMPLETELY BUILT UP (CBU) MENGGUNAKAN APPLIKASI CTOS DI PT. INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

  • Dadang Suyadi S D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Sungkono Ali D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Mochammad Noer Hidayatullah D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Dalam tiga tahun terkahir terjadi kenaikan signifikan terhadap cbu yang akan di ekspor ke berbagai wilayah di dunia. PT. IKT sendiri mempunyai siasat dalam menanggulangi kenaikan ekspor yang terjadi khusus nya pada cargo berjenis cbu dan alat berat. PT. IKT mengeluarkan suatu sistem yang berguna untuk mempermudah para pemilik cargo khusus nya cargo berjenis cbu dan alat berat  untuk melakukan ekspor impor terhadap cargo yang dimilikinya. Sistem itu bernama Car Terminal Operating System (CTOS).

CTOS ini dilakukan secara programing, yaitu semua kegiatan di lapangan yang berkaitan dengan bongkar muat khusus ekspor akan di olah oleh sistem CTOS sehingga semua kegiatan akan terasa sangat mudah dikarnakan semua sudah melalui web, dengan terciptanya sistem ini masih terjadi banyak kekurangan atau hambatan dari pelaksanaan sistem ini yaitu masih sering terjadi nya human error oleh petugas tally saat melakukan scanning vin id pada setiap cargo cbu  sehingga akan terjadi keterlambatan pemasukan data dan akan berpengaruh terhadap kecepatan sistem CTOS dalam mengolah data.

Berdasarkan penelitian terhadap hambatan dari pelayanan ekspor menggunakan CTOS ini , kegiatan scanner vin id oleh petugas tally di gate sebaiknya diganti menggunakan alat otomatis gate scanner, dikarnakan jika menggunakan gate scanner dapat Dapat meminimalisir human error dikarnakan sudah menggunkan alat otomatis yang dapat bekerja secara 24 jam nonstop dan dapt bekerja di cuaca buruk sekalipun

Published
2015-10-05
Section
Articles