Pengaruh Shifting Terhadap Penumpukan Petikemas Di TPK Koja

  • Winoto Hadi D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Rendy Saputra D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Sasaran utama dalam pelayanan jasa adalah dapat memenuhi keinginan pengguna jasa, baik dari segi waktu pada jenis kegiatan dalam bentuk kinerja untuk memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pengguna jasa. Aspek perencanaan sangat berperan aktif dalam peningkatan kinerja operasional pelayanan kapal dan barang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hambatan-hambatan yang terjadi pada saat proses pelayanan berlangsung.  Akan tetapi hal ini tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan yang masih sering terjadi di lingkungan kerja pelabuhan yang disebabkan kurangnya kesinambungan antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya. Keterlambatan penyelesaian kegiatan bongkar muat barang merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi yang berdampak pada terjadinya keterlambatan penyelesaian kegiatan bongkar muat dan kinerja operasional tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat seperti faktor keterlambatan muatbarang yang lambat yang di sebabkan oleh shifting. Selain menyebabkan keterlambatan, shifting juga berpengaruh terhadap penumpukan petikemas di lapangan penumpukan petikemas impor diantaranya perpindahan peti kemas dari posisi yang di tetapkan oleh yard planer, serta menurunya kinerja operator RTG. Oleh karena itu berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, penulis menguraikan solusi yaitu membuat sistem baru untuk pemilik petikemas mengambil petikemas di lapangan penumpukan dan mengontrol dari pada kinerja operator RTG dalam menumpuk petikemas

Published
2015-10-05
Section
Articles