Analisis Perbandingan Biaya Truck Lossing (TL) Dengan Biaya Penumpukan Di PT. Daisy Mutiara Samudra
Abstract
Dalam proses bongkar muat terdapat 3 (tiga) tahapan yaitu, stevedoring, cargodoring dan receiving & delivery. Dalam proses bongkar muat melibatkan beberapa instansi seperti: Pelayaran, PBM, EMKL dan Bea Cukai. Dalam proses bongkar muat ada 2 jenis yaitu bongkar muat langsung ataum yang sering disebut truck lossing(TL)/ship side delivery dan bongkar muat tidak langsung (dari lapangan maupun gudang) atau penumpukan. Kedua jenis bongkar muat tersebut membutuhkan kerja sama yang baik antar pihak, namun untuk bongkar muat langsung (TL) membutuhkan kerja sama yang lebih agar tercapainya kelancaran proses TL tersebut.Dalam proses TL terdapat beberapa permasalahan yaitu antrian truck yang tidak beraturan di dalam lapangan sehingga menghambat kelancaran keluarnya barang, truck tidak tepat waktu dan juga jumlah truck yang tidak memadai. Hasil analisis serta pembahasan menunjukkan bahwa ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meminimalisir permasalahan TL dan juga hasil analisis menunjukan biaya TL lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya lapangan.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License