OPTIMALISASI KEGIATAN FRONT USER OFFICE DAN BILLING DALAM PEMBUATAN SURAT PENYERAHAN PETIKEMAS (SP2) YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN DELIVERY PADA PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Dadang Suyadi S D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Adam Hadi Wicaksono D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

  1. Mustika Alam Lestari yang merupakan salah satu perusahaan pelayanan jasa untuk melakukan kegiatan bongkar muat petikemas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya peningkatan kualitas pelayanan dalam kegiatan Front User Office dan Billing dalam pembuatan surat penyerahan petikemas (SP2) yang mempengaruhi kegiatan delivery dan untuk mengetahui faktor hambatannya. Sistem ini masih memiliki beberapa kelemahan yaitu mengenai kecepatan dan ketelitian dalam hal pembuatan dokumen,kurang cepatnya waktu pelayanan dalam hal pembuatan dokumen dirasa dapat menurunkan efektifitas waktu yang ada oleh karena itu dapat menghambat proses pelayanan barang untuk delivery. Beberapa kelamahan ini tentu saja dapat merugikan bagi pihak importir maupun eksportir. Dibutuhkan kedisiplinan,kualitas,motivasi,dan kesiapan petugas lapangan dalam melayani pengguna jasa, sehingga tidak ada lagi kelalaian yang justru dapat menhabat pelayanan kegiatan delivery dan dapat menurunkan tingkat kepuasan bagi para pengguna jasa yang berdampak pula pada citra nama PT. Mustika Alam Lestari. Kegiatan pelayanan front office user dan billing dapat berjalan optimal dalam pembuatan surat penyerhan petikemas (SP2), diharakan tidak akan berdampak pada lamanya petikemas yang akan melakukan kegiatan delivery sehingga dapat berjalan dengan lancar tanpa mengganggu kegiatan lainya yang sedang berlangsung didalam terminal petikemas serta dapat memuaskan pengguna jasa.
Published
2017-04-09
Section
Articles