PARTISIPASI DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL FT. UNJ

  • Nuriman Thoha Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ

Abstract

Secara umum tujuan penelitian dalam rangka upaya perbaikan faktor
internal mahasiswa melalui faktor eksternal dalam hal ini partisipasi dosen.
Secara khusus menginformasikan bagaimana kecenderungan partisipasi
dosen yang diukur dari tingkat kehadirannya di kelas, membantu mahasiswa
dalam tujuan dan prinsip kuliah, frekuensi bimbingan, diskusi dan umpan
balik, transparansi hasil evaluasi atau tes serta melakukan reviu secara
berkala dalam upaya meningkatkan keberhasilan belajar mahasiswa diukur
dari indeks prestasi, serta bagaimana hubungan antara partisipasi dosen
dengan keberhasilan belajar mahasiswa di Program Studi Jurusan Teknik
Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Sipil FT-UNJ selama periode
Agustus sampai Oktober 2004. Sampel secara acak di ambil 35 dari 199
mahasiswa. Untuk menjabarkan data digunakan metode deskriptif dan
korelasi untuk menguji hipotesis. Berdasarkan jenis kelamin responden lakilaki
(45,7%) dan perempuan (54,3%) dengan 41 – 60 SKS yang mempunyai
prosentase terbesar serta IPK 2,51 – 3,00 sebesar 48,57%.
Pada taraf nyata 0,05, menunjukan bahwa; (1), dari sembilan variabel yang
di analisis hanya lima yang mempunyai hubungan yang positif yaitu;
kehadiran dosen (X1) persamaannya Y = 1,501 + 0,361 X1 , Tujuan kuliah
(X2) dengan Y = 1,395 + 0,598 X2, Konsep/Prinsip Kuliah (X3) dengan Y =
1,585 + 0,572 X3, Frekuensi Bimbingan (X5) dengan Y = 1,397 + 0,459 X5,
Diskusi/umpan Balik (X7) dengan Y = 1,436 + 0,565 X7, dan transparansi
Evaluasi/hasil tes (X8) dengan Y = 1,830 + 0,393 X8. (2) Terdapat hubungan
positif antara (X) secara bersama-sama dengan (Y) dengan kekuatan
hubungan 0,947 dan 87,5% variasi indek prestasi kumulatif mahasiswa
ditentukan oleh adanya kontribusi partisipasi dosen, dengan persamaan ;Yˆ =
0,363 + 0,063 X1 + 0,336 X2 + 0,0543 X3 + 0,08247 X5 + 0,291 X7 - 0,0579
X8.

Published
2006-01-08