PERENCANAAN STRUKTUR ATAP RANGKA BAJA PADA KONSTRUKSI TRIBUN STADION SEPAKBOLA (STUDI PERENCANAAN PADA LAPANGAN SEPAKBOLA SUMAMPIR KRAKATAU STEEL CILEGON)

  • Risdian M. Nur Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Nasruddin M Alumni Jurusan Teknik Sipil FT UNJ

Abstract

Studi perencanaan ini dimaksudkan untuk mengetahui analisis dan perancangan struktur baja balok atap yang dapat memenuhi kebutuhan haudness dan strangthness suatu konstruksi. Studi ini dihancurkan di Sumampir Krakatau Steel Stadion, Cilegon.
Metode perencanaan yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi lapangan. Teknik ini didasarkan pada data yang diperoleh di mana data dianalisis dan direncanakan sesuai dengan norma-norma. Perhitungan Channel bibir didasarkan pada beban mati, beban hidup dan beban angin pada struktur. Perhitungan baja balok atap menggunakan analisis Cremona.
Hasil Dari perhitungan adalah sebagai berikut: dimensi Lip Channel adalah C 125 x 50 x 20 x 2,3 mm dimana balok menggunakan sudut cleat, dengan batangannya di atas, sisi vertikal dan horizontal adalah   60.60.6, dan pada dasarnya adalah   70.70.7. Perayaan tinggi yang menghubungkan baut yang digunakan dalam koneksi adalah  12,7 mm dan  15,8 mm. Dimensi profil pada coloum yang didapat adalah WF 250 x 175 x 7 x 11.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa baja balok atap pada konstruksi tribune stadion, yang dihitung berdasarkan kombinasi beban mati, beban hidup dan beban angin pada struktur, memiliki kualitas untuk keanehan dan keamanan yang dapat menahan beban kerja sebagaimana ditetapkan oleh standardisasi nasional. Strukturnya diasumsikan memiliki kehidupan selama 30 tahun.

Published
2006-01-08