STUDI DAYA TAHAN KEBAKARAN KAYU LAPIS STRUKTURAL DENGAN PELABURAN AMONIUM SULFAT BERKOSENTRASI 10%, 35% AND 60%

  • Risdian M Nur Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Sain Abdul Irmis Alumni Jurusan Teknik Sipil FT UNJ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan keberadaan lapis ketahanan api kayu lapis dengan perbandingan 10% sulfon amonium: air 90%, sulfon sulfat 35%: air 65% dan sulfon sulfat 60%: air 40%. Tempat Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Komposit Zat Pusat Penelitian Dan Pengembangan Fisika Terapan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Serpong, Tangerang - Banten. Adapun penelitian dilaksanakan oleh Bulan Maret 2004 hingga Mei bulan 2004.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah kayu lapis struktural sebanyak 18 buah hingga tiga perlakuan. Pemeriksaan hipotesis oleh Anava. Uji kondisi analisis yang digunakan dengan uji normalitas dan uji homogenitas menghasilkan data berdistribusi normal ke dan bersifat homogen.
Dari data hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa kayu lapis struktur yang diberikan oleh zat penghambat api dengan konsentrasi 60% sulfononat setelah dilakukan / dilakukan dengan bobot pengujian tetap dengan rata-rata = 19,15 gr sedangkan kayu lapis struktural diberikan oleh zat penghambat api dengan konsentrasi 35% sulfon amonium setelah dilakukan / dilakukan dengan berat pemeriksaan tetap dengan rata-rata = 13,41 gr kayu lapis struktural dan diberikan oleh zat penahan api dengan konsentrasi 10% sulfon amonium setelah dilakukan / dilakukan oleh berat badan pengujian tetap dengan rata-rata = 12,09 gr .
Pengujian hipotesis dengan menggunakan Analisis Varian satu arah, diperoleh Fhitung = 50,1630 pada taraf signifikan α = 0,01 diperoleh Ftabel = 6,36 karena Fhitung> Ftabel maka Ho ditolak.
Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan ketahanan api plywood struktural dengan perbandingan 10% sulfon amonium: air 90%, sulfon sulfat 35%: air 65% dan sulfon sulfat 60%: air 40%

Published
2006-07-03