PELAKSANAAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN (Studi kasus pada Proyek Kota kasablanka)

  • Dina Widya Astuti Alumni Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Y.P Panjaitan Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Eka Murtinugraha Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara umum pada Proyek Kota Kasablanka. Penelitian ini dilakukan di proyek Kota Kasablanka area Kota Kasablanka (KK) 2 dengan P.T Acset Indonusa sebagai kontraktor utamanya. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2011 hingga selesai.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Sistem Manajemen K3 padaproyek Kota Kasablanka dengan PT. Acset Indonusa sebagai kontraktor utamanya belum mencakupi hal-hal yang sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Nomor : PER.05/MEN/1996 dilihat dari belum terlaksananya prosedur-prosedur yang dibuat perusahaan di lapangan dan tidak adanya pelatihan dan pemantauan standar bagi tenaga kerja. Petugas K3 pun hanya mendapatkan pelatihan penggunaan APAR yang dilakukan oleh pengurus.

Published
2012-07-09