ANALISIS KOMPOSISI BIAYA KOMPONEN RUMAH SEDERHANA DI JABODETABEK

  • Lenggogeni MT Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ

Abstract

Untuk memenuhi perumahan dengan harga terjangkau, para pengembang harus merencanakan perkiraan biaya pembangunan rumah yang tepat. Perkiraan biaya yang baik akan sangat membantu dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi perumahan dan menjaga biaya konstruksi sesuai rencana sehingga tidak akan mempengaruhi harga rumah. Kegagalan dalam memperkirakan biaya dapat terjadi ketika penaksir kurang referensi untuk membayangkan komponen kegiatan kerja dan melacak catatan dari proyek sebelumnya sejalan dengan kurangnya pengalaman dan konsep untuk mempersiapkan perkiraan biaya konstruksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase komposisi komponen biaya kegiatan konstruksi perumahan yang berdampak pada biaya riil perumahan di wilayah Jabodetabek.
Metode penelitian ini adalah deskripsi analitik dengan menghitung biaya komponen kegiatan dalam pembangunan perumahan untuk mendapatkan komposisi dan persentase yang berpengaruh terhadap biaya riil perumahan.
Hasilnya adalah di tempat pertama adalah struktur beton dengan 21,40% dan diikuti oleh karya arsitektur dengan 17,22%. Tempat ketiga adalah konstruksi dinding dengan 17,31%. Persentase di atas mewakili biaya dalam menentukan total biaya riil perumahan.

Published
2016-01-07