ALTERNATIF PENANGANAN MASALAH GENANGAN AIR HUJAN PADA DRAINASE JALAN MENGGUNAKAN BAK PENAMPUNG DAN POMPA (Studi Kasus Jalan Nusa Indah Raya Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur)

  • Annisa P Dewanti Alumni Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Arris Maulana Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Daryati Sr Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan desain tangki penyimpanan berikut dan memompa untuk drainase. Perencanaan diupayakan sebagai alternatif untuk masalah perkiraan genangan setinggi 60 cm karena hujan yang sering terjadi di Jalan Nusa Indah Raya, sehingga tidak menghambat arus lalu lintas dan aktivitas di sekitar wilayah ini.
Desain didasarkan pada observasi, studi pustaka, dan dengan mengikuti pedoman desain drainase yang relevan dari Departemen Pekerjaan Umum dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Analisis distribusi curah hujan dilakukan dengan metode Normal, Normal Log, Gumbel, dan Log Pearson III. Sedangkan, berdasarkan uji dispersi dan uji chi kuadrat dengan tingkat signifikansi (α) 0,05 kemudian, hasil pengendapan yang memenuhi syarat cames dari Log Pearson III dengan jumlah curah hujan (Xtr) sebesar 685,09 mm. Menggunakan metode Van Breen, nilai intensitas hujan diperoleh sebesar 154,15 mm / jam. Menurut daerah tangkapan drainase jalan ini, perhitungan debit banjir (Qr) menggunakan metode rasional dengan periode pengembalian 5 tahun diperoleh sebesar 0,1856 m³ / dt. Sementara itu, Kapasitas (Qs) saluran dihitung sebagai 0,2748 m³ / dtk. Ini berarti Qr> Qs, sehingga dimensi saluran tidak perlu diubah. Sementara itu, masalah genangan hujan masih terjadi karena rendahnya permukaan lokasi.
Sementara untuk cara alternatif untuk mengatasi masalah genangan atau banjir yang disebabkan oleh permukaan tanah yang lebih rendah dari jalan ini, desain menggunakan pompa dan tangki penyimpanan dapat dilakukan. Tangki penyimpanan dengan volume sebagai penampung sementara sebelum dialirkan ke sungai Nusa Indah. Hasil dimensi untuk tangki penyimpanan adalah 26 x 5 x 4 meter. Bahan yang digunakan adalah tukang batu. Untuk desain pompa, dipilih dengan satu unit pompa sentrifugal dengan kapasitas 150 liter / detik

Published
2016-01-07