IMPLEMENTASI FASILITAS SOSIAL RUMAH SUSUN (Studi Kasus: Peremajaan Permukiman Kumuh di RT. 01 RW. 03, Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat)

  • Rezza S Hasyim Alumni Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Doddy Rochadi Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ
  • Rosmawita Saleh Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil FT UNJ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi terbaik untuk merencanakan fasilitas sosial sewa apartemen sederhana di RT 01 / RW 03 Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Masalah yang ditemukan di RT 01, adalah masalah jarak bangunan yang tidak layak untuk pemukiman, sistem pencahayaan rendah dan ruang penghijauan, sistem sanitasi yang buruk dan pengelolaan limbah, akses buruk ke perumahan, dan kurangnya toilet umum.
Timeline proses desain dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2015. Pendekatan yang digunakan adalah observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Diskusi tentang keberadaan fasilitas sosial dan kebutuhan penyewa di dalam apartemen untuk bangunan apartemen telah ada sebelumnya dalam standar yang tercantum dalam SNI 03-1733-2004.
Hasil dari perencanaan ini adalah dalam bentuk gambar desain datar dengan perencanaan fasilitas sosial, seperti pembuatan ruang multiguna, pemulihan tempat ibadah, sarana pemukiman kembali perdagangan dan perdagangan, pendirian taman, pembuatan jalan akses ke rumah susun, pembuatan tempat parkir bersama, dan penempatan peralatan penerangan umum. Jadi masalah permukiman di RT 01 / RW 03, Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat bisa teratasi.

Published
2016-01-07