IMPLEMENTASI SCL (STUDENT CENTERED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN KULIAH JARINGAN KOMPUTER (STUDI KASUS: POLITEKNIK TELKOM)

  • Yahdi Siradj Politeknik Telkom, Jln. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung
Keywords: Student Centered Learning, Computer Networks, E-quiz, Cloud, Game

Abstract

Abstract: Nowadays the process of teaching and learning not must wear conventional style where lecturer explained the matter in front of class, and student listened. By Technology Development learning was introduced many new methods which can optimalized the absorb knowledge inside or outside class, at once interactive and pleasure. Such as Student Centered Learning (SCL). On lecture matter Computer Networks in the Politeknik Telkom, SCL method can be implemented with combination of e-quiz, cloud based sharing files, toke Games, and dividing teaching session in the class become 1hour discussion and One hour consultation with lecturer. This method combinantion make Computer Networks learning more effective, interactive, and pleasure.
Keywords: Student Centered Learning, Computer Networks, E-quiz, Cloud, Game

ABSTRAK: Saat ini proses pengajaran dan pembelajaran tidak harus bergaya konvensional dimana dosen menerangkan di depan kelas, dan mahasiswa mendengarkan di mejanya masing-masing. Melalui perkembangan teknologi pendidikan diperkenalkan berbagai metode baru yang dapat mengoptimalkan tingkat penyerapan ilmu di kelas maupun di luar kelas, sekaligus interaktif dan menyenangkan. Salah satunya adalah Pembelajaran berpusat pada siswa (SCL). Pada mata kuliah Jaringan Komputer di Politeknik Telkom, metode SCL diimplementasikan dengan memadukan e-quiz, cloud based sharing files, token game dan membagi sesi pengajaran di kelas menjadi 1 jam diskusi dan 1 jam pembahasan oleh dosen. Perpaduan metode ini menjadikan pembelajaran Jaringan Komputer menjadi lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan.
Kata kunci: Pembelajaran berpusat pada siswa, Jaringan Komputer, E-quiz, Cloud, Game

Published
2017-05-03
Section
Articles