ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN GURU TERSERTIFIKASI DI SMA JAKARTA PUSAT

  • Samadi
Keywords: Learning evaluation analysis, Certified teacher, Central Jakarta High School

Abstract

Abstrak

The purpose of this study was to analyze aspects of the evaluation of learning in high school schools in Central Jakarta. The method used in this research is quantitative descriptive through the analysis of learning tools used in daily teaching and learning activities. The sample of this study consisted of 19 geography teachers who had been certified at SMAN 25, SMAN 4, and SMAN 68, SMAN 35, SMAN 7, SMAN 24, SMAN 30, SMAN 5, SMAN 1, and SMAN 10, and private schools namely SMA Santa Theresia, Paskalis High School, Taman Madya 1 and 5 High School, and Petojo IPPI High School. The analysis technique in this study uses descriptive methods in the form of matrix analysis. The results of the study indicate that the teacher learning tools that have been certified, especially in the evaluation component of learning are as follows: (1) Not the work of the teacher itself, namely the results of giving or the effects of selecting specifically for teaching materials and student worksheets, and (2) Not fully developed.

Keywords: Learning evaluation analysis, Certified teacher, Central Jakarta High School

 

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis aspek-aspe evaluasi pembelajaran di sekolah-sekolah SMA di Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif melalui analisis perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Sampel penelitian ini terdiri dari 19 orang guru geografi yang telah disertifikasi di SMAN 25, SMAN 4, dan SMAN 68, SMAN 35, SMAN 7, SMAN 24, SMAN 30, SMAN 5, SMAN 1, dan SMAN 10, serta sekolah swasta yaitu SMA Santa Theresia, SMA Paskalis, SMA Taman Madya 1 dan 5, dan SMA IPPI Petojo. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk analisis matriks.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran guru yang sudah disertifikasi khususnya pada komponen evaluasi pembelajaran adalah sebagai berikut : (1) Bukan hasil karya guru itu sendiri, yaitu hasil pemberian atau hasil dari memilih khusus untuk bahan ajar dan lembar kerja siswa, serta (2) Tidak dikembangkan secara maksimal.

Kata kunci : Analisis evaluasi pembelajaran, Guru tersertifikasi, SMA Jakarta Pusat

Published
2019-06-28
Section
Articles