PENGGUNAAN MEDIA BAHAN DAUR ULANG DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Ela Nurani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Laily Rosidah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Kristiana Maryani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
Keywords: Media Bahan Daur Ulang, Recycled material media

Abstract

This study aims to find out the use of recycled material media in the learning process in children aged 5-6 years at Pelita Cibeber-Lebak Kindergarten. This research uses qualitative research methods using data analysis in the form of data collection, data reduction, and conclusions. The results of the study found that teachers at Pelita Cibeber-Lebak Kindergarten, utilized recycled materials around the environment and which are easily obtained in carrying out the learning process while carrying out core activities. Every day the learning media is prepared by teachers during the core activities, there is always the use of recycled material media that children can use. This study concludes that teachers at Pelita Cibeber-Lebak Kindergarten have used recycled media in the learning process in children that are adjusted to the planning program that has been designed.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media bahan daur ulang dalam proses pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Cibeber-Lebak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru-guru di TK Pelita Cibeber- Lebak, memanfaatkan bahan-bahan daur ulang yang ada di sekitar lingkungan dan yang mudah didapat dalam melakukan proses pembelajaran saat melaksanakan kegiatan inti. Setiap hari media pembelajaran yang disiapkan oleh guru saat kegiatan inti selalu ada penggunaan media bahan daur ulang yang dapat digunakan oleh anak-anak. Kesimpulan dari penelitian ini guru-guru di TK Pelita Cibeber-Lebak telah menggunakan media daur ulang dalam proses pembelajaran pada anak yang disesuaikan dengan program perencanaan yang telah dirancang.

Published
2022-04-30
Section
Articles