KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

  • Suhardjono Suhardjono Universitas Sebelas Maret, Jln. Ahmad Yani No.200 A Surakarta 57161

Abstract

Abstract: this research aims to know the various learning style that was adopted by student of Building techniques Education, and to know the tendency learning style student of Building techniques Education. The sample chose as random with using technical Election stratified with sample presentation which taken every strata is Sam. The research result about the tendency student learning style accodring to David kolb show the average scores High to lob is Diverger type (62,5%); accomodator type (25,96%);  Converger type (6,73%); and Assimilator type (4,81%). On the other hand, student learning style according De Porter & Hernacki show average scores from High to lob is Kinestetic (45,19%); Visual (43,27%); and auditorial (11,54%)


 


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui berbagai gaya belajar yang dianut oleh maha-siswa Pendidikan Teknik Bangunan, serta mengetahui kecenderungan gaya belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Sampel dipilih secara random dengan menggunakan teknik pemilihan berstrata dengan prosentase sampel yang diambil pada tiap strata adalah sama. Hasil penelitian tentang kecenderungan gaya belajar mahasiswa menurut David Kolb menunjukkan ha-sil rata-rata dari besar ke kecil adalah tipe Diverger (62,5%); tipe Accomodator (25,96%); tipe Con-verger (6,73%); dan tipe Assimilator (4,81%). Sementara gaya belajar mahasiswa menurut De Porter & Hernacki menunjukkan hasil rata-rata dari besar ke kecil adalah Kinestetik (45,19%); Visual (43,27%); dan Auditorial (11,54%).

Published
2015-12-30
How to Cite
SUHARDJONO, Suhardjono. KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, [S.l.], v. 27, n. II, p. 136 - 141, dec. 2015. ISSN 0216-261X. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/parameter/article/view/3611>. Date accessed: 26 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/parameter.272.05.
Citation Formats