Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Arum Nisma Wulanjani Universitas Tidar (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
  • Candradewi Wahyu Anggraeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Keywords:

membaca, minat membaca, literasi membaca

Abstract

Membaca merupakan salah satu hal yang penting dalam segala macam proses pembelajaran. Melalui membacalah berbagai  ilmu pengetahuan, yang dapat mengantarkan pada kesuksesan, bisa kita dapatkan. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar di SDN Rejowinangun Selatan 3 dan SDN Rejowinangun Selatan 4. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru-guru pada kedua sekolah tersebut masih pasif dalam melaksanakan gerakan literasi membaca. Guru-guru di SDN tersebut belum secara aktif memberi perhatian pada upaya peningkatan literasi membaca para siswa. Melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan bagi siswa, peneliti berusaha untuk menumbuhkan kecintaan membaca siswa melalui penerapan gerakan literasi membaca. Kegiatan dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan sebagai upaya penerapan gerakan literasi membaca, para siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi untuk lebih meningkatkan minat dalam membaca

Downloads

Published

2019-09-17