Potensi pulau bira besar sebagai sumber belajar animalia submateri invertebrata untuk siswa sekolah menengah atas (sma)

  • Diah Erawati
  • Zahra Mutmainah
  • Dzaalika Aldeirre
  • Rahman Fadli
Keywords: sumber belajar, Invertebrata, pulau bira besar, sekolah menengah atas

Abstract

Pulau Bira Besar sebagai salah satu bagian dari zona taman nasional dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian dan pendidikan. Sumber belajar merupakan komponen pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan memfasilitasi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji potensi Pulau Bira Besar sebagai sumber belajar Animalia submateri Invertebrata di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jenis penelitian ini deskriptif eksploratif. Pengambilan data Invertebrata dilakukan dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa hewan dari kelompok Invertebrata ditemukan di wilayah Pulau Bira Besar, di antaranya : Porifera (13 spesies), Mollusca (11 spesies), Echinodermata (8 spesies), dan beberapa spesies karang. Hewan-hewan yang ditemukan mewakili empat filum pada Invertebrata dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar Animalia submateri Invertebrata. Kesimpulan  penelitian ini menunjukkan bahwa Pulau Bira Besar berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar untuk siswa SMA.

Published
2018-07-06