PENINGKATAN HASIL BELAJAR VOCABULARY MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD LABORATORIUM PGSD FIP UNJ JAKARTA SELATAN

  • Gusti Yarmi Universitas Negeri Jakarta
  • Vidya Atika Universitas Negeri Jakarta
Keywords: hasil belajar, vocabulary, role-playing

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode Role-Playing dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary di kelas IV SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Laboratorium PGSD FIP UNJ kelurahan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Semester II Tahun Pelajaran 2012-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan kelas/pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes berupa instrumen pemantau tindakan, soal evaluasi, dan catatan lapangan. Uji validitas dan reliabilitas instrumen ditempuh melalui expert judgement. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar vocabulary siswa dengan menerapkan metode Role-Playing. Persentase hasil belajar pada siklus I mencapai 73,33 % dan pada siklus II 78,05 %. Hal tersebut meningkat karena dengan persentase efektivitas pembelajaran dengan menerapkan metode Role-Playing siklus I 64,29 % dan siklus II 87,14 %. Dengan demikian pembelajaran dengan penerapan metode Role-Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar vocabulary yang diperoleh akan semakin tinggi jika pembelajaran dengan menerapkan metode Role-Playing semakin efektif.

Published
2015-10-30