PENILAIAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TERHADAP KINERJA PROFESIONAL CALON GURU

  • Suprayekti Suprayekti Universitas Negeri Jakarta
Keywords: penilaian diri, kinerja, kompetensi profesional, calon guru

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep kinerja profesional calon guru pada mahasiswa yang telah lulus Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) pada semester keempat. Oleh karena itu penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan survai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian diri mahasiswa program studi pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) terhadap kinerja profesional dirinya sebagai calon guru berdasarkan empat jenis kompetensi profesional, yang terdiri dari: kepribadian yang baik dan mulia, melakukan perencanaan pembelajaran, melakukan pelaksanaan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta pada program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup dan angket terbuka dengan responden sebanyak 1 kelas dari masing-masing program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Hasil penelitian menunjukkan secara kuantitatif mahasiswa sebagai calon guru telah sangat baik memahami keempat kompetensi profesional. Namun dalam hal praktik, mahasiswa sebagai calon guru belum dapat menginternalisasi secara sepenuhnya kompetensi kepribadian yang baik dan mulia dalam diri dan sifatnya dalam keseharian, beberapa mahasiswa juga masih belum terampil dalam mengaplikasikan kompetensi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi secara nyata. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa mata kuliah-mata kuliah yang terdapat di MKDK telah baik dalam hal memberikan pembekalan secara kognitif bagi mahasiswa sebagai calon guru, namun masih minim dalam memberikan praktik yang nyata bagi mahasiswa sebagai calon guru untuk menerapkan teori-teori yang mereka dapat di dalam kelas perkuliahan. Maka, diharapkan ke depannya untuk membentuk kinerja profesional mahasiswa sebagai calon guru yang lebih baik lagi, matakuliah-mata kuliah yang terdapat di MKDK diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa baik dalam tataran kognitif maupun secara praktik nyata.

Published
2016-04-29