MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PAIKEM KELAS IV DI SDS LAB. PGSD FIP UNJ JAKARTA SELATAN

  • Dewi Hartanti Universitas Negeri Jakarta
Keywords: PAIKEM, Hasil Belajar IPS SD.

Abstract

Tujuan penelitian ini diharapkan mendapatkan data empiris tentang meningkatkan hasil belajar IPS siswa dalam materi kenampakan alam di kelas IV SDS Lab. PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Berdasarkan tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research). Berdasarkan hasil pengamatan rekan sejawat didapat tingkat keberhasilan siswa yaitu pada siklus I nilai hasil tes belajar siswa hanya mencapai 58,82%, dan pada siklus II meningkat mencapai 79,41%. Sedangkan hasil pengamatan tindakan guru pada siklus I hanya mencapai 55% dan tindakan siswa hanya 51% dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pada siklus II tindakan guru meningkat menjadi 85% begitu juga dengan tindakan siswa mencapai 83%. Dengan melihat tingkat keberhasilan siswa dapat dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan PAIKEM hasil belajar IPS pada siswa dapat meningkat.

Published
2016-10-31