MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL TAKE AND GIVE PADA SISWA KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

  • Ajat Sudrajat Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar IPS, Model Take and Give

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi tentang Perkembangan Teknologi melalui Model Take and Give yang berlokasi di Jln. Pemuda No.10 Rawamangun Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan selama lima bulan dari bulan September sampai Januari 2016 pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Take and Give. Pada siklus I 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%, dengan demikian pembelajaran dengan model Take and Give dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran Take and Give dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Published
2016-10-31