UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN BAMBU APUS 03 PAGI JAKARTA TIMUR

  • Sehati Kaban Universitas Negeri Jakarta
  • Febri Sulistyawati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick

Abstract

Penelitian berupa: Penelitian Tindakan Kelas atau class room action research yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS, Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui model cooperative learning Tipe talking stick di kelas IV SDN Bambu Apus 03 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 39 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar aspek kognitif menunjukkan persentase rata-rata nilai kelas sebesar 51,28%, afektif sebesar 63,53%, psikomotor sebesar 59,83% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajaranya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 85%. Pada siklus II persentase nilai hasil belajar kognitif mencapai 87,18%, afektif sebesar 70,06%, dan psikomotor sebesar 82,26%, dengan itu dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang melebihi KKM. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model cooperative learning tipe talking stick dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar tentang Perkembangan Teknologi Produksi. Dengan Model cooperative learning tipe talking stick, siswa dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat mengemukakan pendapat/ide di dalam kelompoknya.

Published
2016-10-31