PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V WILAYAH BINAAN GUGUS I CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN PROVINSI BANTEN

  • Rashimah Rasyid UPBJJ-UT Jakarta
Keywords: Model Pembelajaran Siklus Belajar, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran siklus belajar terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini berlangsung dari bulan April sampai dengan Juni 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V wilayah binaan Gugus I Kecamatan Ciputat pada tahun ajaran 2016/2017. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ciputat 04 sebanyak 78 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk mendapatkan alat ukur yang berkualitas dilakukan uji coba instrument. Hasil uji coba instrument dilakukan dengan pengujian validitas dan perhitungan reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, angket, dan lembar observasi. Data untuk penelitian dilakukan dengan uji Liliefors. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0.05. Hasil analisis statistika menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran siklus belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SD kelas V gugus I Ciputat. Dari data tersebut diperoleh thitung 9.65 dan ttabel 1.67. Maka thitung 9.65 > ttabel 1.67 yang berarti terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar terhadap Hasil Belajar IPA siswa SD Kelas V Wilayah Binaan Gugus I Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa Model pembelajaran siklus belajar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Melalui model ini siswa dapat belajar lebih aktif, terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran melalui percobaan, mempelajari materi dengan bermakna dengan bekerja dan berpikir, melatih siswa merancang, mempersiapkan dan melaporkan hasil percobaannya, melatih siswa agar mampu menarik kesimpulan dari hasil percobaan.

Published
2016-10-31