PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN TENTANG GLOBALISASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR DI DESA SUKAHARJA KECAMATAN CIJERUK BOGOR

  • Nina Nurhasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Anwar Kurnaedi Saputra Universitas Negeri Jakarta
Keywords: hasil belajar, pembelajaran PKn, metode problem solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar PKn tentang globalisasi di kelas IV SD di Desa Sukaharja Cijeruk Bogor. Penelitian dilaksankan di kelas IV SDN Sukaharja 01 yang terdiri dari 70 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Waktu penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes. Uji normalitas kelas eksperimen Lhitung = 0,1298 dan kelas kontrol Lhitung = 0,1392. Adapun Ltabel pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan n=35 adalah 0,150. Karena kedua harga Lhitung kurang dari Ltabel, kesimpulannya adalah data kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas Fhitung=1,2306 sedangkan Ftabel pada taraf signifikasi α = 0,05 dan dk = 34 adalah 7,81. Karena Fhitung kurang dari Ftabel maka kedua kelas tersebut homogen. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,05. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,67 dan dk = 68 adalah 1,67. Karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan metode problem solving dan siswa yang mendapatkan metode ekspository. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode problem solving dapat memberika perubahan yang bermanfaat terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn tentang Globalisasi.

Published
2016-10-31