PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD KECAMATAN SETIABUDI

  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar IPS, pendekatan Contextual Teaching and Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Di Kecamatan SETIABUDI tentang Perkembangan Teknologi Produksi, Konsumsi dan Distribusi melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Waktu penelitian dilaksanakan selama empat bulan dari bulan Agustus sampai Desember 2015 pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68% siswa memperoleh nilai di atas KKM dan nilai akhir siklus II rata rata hasil belajar siswa sebesar 82% siswa memperoleh nilai di atas KKM, dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Published
2016-10-31