HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA PADA MATA KULIAH IPA BIOLOGI

  • Agnes Herlina Dwi Hadiyanti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah IPA Biologi di PGSD Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Responden dalam penelitian ini adalah 140 mahasiswa PGSD, USD semester 1 tahun akademik 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan teknik analisis korelasi pearson dengan menggunakan program PASW 18. Hasil penelitian menunjukkan nilai r (koefisien korelasi) adalah sebesar 0,69. Hasil ini menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi antara motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah IPA Biologi sifatnya “kuatâ€. Tingkat motivasi mahasiswa akan menentukan tingkat pencapaian prestasinya. Mahasiswa yang memiliki motivasi yang tinggi cenderung akan mampu mencapai prestasi belajar yang tinggi pula dalam mata kuliah IPA Biologi.

Published
2017-10-31