PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUNJANG KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI

  • Sri Sukatmi UPBJJ–UT Jakarta
Keywords: Kecerdasan, Interpersonal, Kooperatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kecerdasan interpersonal anak usia dini dengan mengembangkan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini didasarkan atas permasalahan kurangnya kecerdasan interpersonal anaksecara umum yang bertujuan untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, perilaku, agama, sosial emosional bahasa, pengetahuan keterampilan fisik motorik dan seni yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, pertumbuhan dan perkembangannya. Berbagai permasalah yang ditemukan di lapangan terkait dengan perkembangan kecerdasan interpersonal anak yaitu: 1) Bagaimana kondisi kecerdasan anak sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif 2) Bagaimana proses penerapan pembelajaran kooperatif dalam upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal anak ? 3) Sejauh mana peningkatan kecerdasan interpersonal anak setelah diterapkan pembelajaran kooperatif 4) Kendala-kendala apa yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif. Untuk itu permasalahn penelitian ini adalah Usaha meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui pembelajaran kooperatif pada Anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di Taman kanak-kanak mahasiswa S1-PG PAUD wilayah bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada perkembangan kecerdasan interpersonal anak melalui pembelajaran kooperatif pada setiap siklus pelaksanaan pembelajaran.

Published
2017-10-31