PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI ACTIVE LEARNING DI KELAS IV SDN TANAH TINGGI 05 PAGI JAKARTA PUSAT

  • Sutarya Sutarya SDN Tanah Tinggi 05 Pagi Jakarta Pusat
Keywords: Pendekatan active learning, peningkatan hasil belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tanah Tinggi 05 Pagi Jakarta Pusat melalui pendekatan active learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta tes. Data yang diperoleh, dianalisis dengan cara menghitung persentase jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan active learning. Persentase tersebut harus mencapai harus mencapai target yang telah ditentukan, yaitu 90%. Penelitian berlangsung selama 2 siklus model Kemmis dan Mc. Taggart. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 77% dan keterlaksaan pendekatan active learning mencapai 85%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 94% dan keterlaksaan pendekatan active learning mencapai 100%. Hasil penelitian menunjukkan hasil penelitian bahwa dengan menerapkan pendekatan active learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Published
2017-10-31