Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Multimedia Club (M2C) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Jakarta

  • Regina Arzica Pranata Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta
  • Ivan Hanafi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran komposisi foto digital kelas XI Miltimedia SMK Negeri 2 Jakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel 20 siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Jakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler multimedia club. Data tentang keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club pada penelitian ini diambil dengan instrumen angket tertutup, sedangkan untuk data prestasi belajar diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu dengan nilai rapor siswa.


Hasil dari pengujian hipotesis pada pengujian pertama menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club  terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan dalam mata pelajaran komposisi foto digital dengan  korelasi product moment menghasilkan rhitung sebesar 0,570 dengan rtabel pada tabel signifikansi 5% sebesar 0,44 sehingga harga rhitung > rtabel. Dibuktikan pula dengan persamaan regresi Y’ = 61,55 + 0,213X, menunjukan bahwa penerapan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club bertambah satu, maka prestasi belajar siswa ranah pengetahuan dalam mata pelajaran komposisi foto digital bertambah 0,213 Nilai koefisien determinasi sebesar 32,47 yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan dalam mata pelajaran komposisi foto digital adalah sebesar 32,47%, sedangkan 67,53% ditentukan oleh faktor lain.


Sedangkan pada pengujian kedua menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa ranah keterampilan dalam mata pelajaran komposisi foto digital dengan korelasi product moment menghasilkan rhitung sebesar 0,571 dengan rtabel pada tabel signifikansi 5% sebesar 0,44 sehingga harga rhitung > rtabel. Dibuktikan pula dengan persamaan regresi Y’ = 67,48 + 0,136X. Nilai koefisien determinasi sebesar 32,55 yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa ranah keterampilan dalam mata pelajaran komposisi foto digital adalah sebesar 32,55%, sedangkan 67,45% ditentukan oleh faktor lain.


 


 
Published
2017-06-01
How to Cite
ARZICA PRANATA, Regina; HANAFI, Ivan. Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Multimedia Club (M2C) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Jakarta. PINTER - Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1 - 4, june 2017. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pinter/article/view/1881>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Citation Formats
Section
Articles