Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas 8 SMP Dengan Fitur Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus : SMPN 7 Depok)

  • Juannita Juannita Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta
  • Bambang Prasetya Adhi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Android

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang memudahkan dalam mempelajari materi sistem pencernaan manusia menjadi kendala tersendiri bagi guru dan murid sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran sistem pencernaan manusia untuk kelas 8 SMP dengan fitur Augmented Reality berbasis Android dengan mengambil studi kasus di SMPN 7 Depok. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran adalah angket dan soal tes. Media pembelajaran diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil media pembelajaran layak untuk digunakan oleh siswa. Untuk menguji keefektifan media pembelajaran dilakukan melalui pretest dan posttest serta angket tanggapan siswa setelah menggunakan media pembelajaran, dengan hasil tes terdapat peningkatan hasil belajar signifikan setelah menggunakan media pembelajaran serta hasil angket yang mendapatkan total presentase 88,56% dengan keterangan sangat baik. Berdasarkan hasil evaluasi, media pembelajaran layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi sistem pencernaan manusia untuk kelas 8 SMP.

Published
2017-06-01
Section
Articles