DESAIN DAN IMPLEMENTASI PADA WIFI PUSTIKOM FREE ACCESS DI PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA MENGGUNAKAN MIKROTIK DAN WIRESHARK UNTUK ANALISIS TERHADAP SERANGAN PACKET SNIFFING DAN NETCUT

  • Reivaldi Kesuma Kagi Universitas Negeri Jakarta
  • Muchammad Ficky Duskarnaen Universitas Negeri Jakarta
  • Hamidillah Ajie Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pustikom Free Access, Network Analyzer, Jaringan Local, Netcut

Abstract

Di lingkungan UPT TIK kampus A universitas negeri jakarta hotspot internet tanpa password dibutuhkan untuk mencari materi perkuliahan, mengirim email, dan mengakses layanan kampus seperti sistem informasi akademik. UPT TIK menyediakan fasilitas internet yang bisa diakses pelajar, pengajar dan karyawan melalui Pustikom Free Access. Pengguna dapat mengakses hotspot kapan saja tanpa harus login atau butuh password. Namun koneksi antara pengguna bisa saja diganggu oleh pengguna netcut yang dapat memutuskan jaringan kapan saja. Oleh sebab itu, dibutuhkan network analyzer.

Metode yang dipakai untuk membuat desain dan implementasi pustikom free access yaitu rekayasa teknik. Proses untuk membuat pustikom free access dimulai dari menginstal sistem operasi windows yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan oleh peneliti, menginstal aplikasi winbox, wireshark (network analyzer), dan ujicoba menggunakan jaringan lokal sebelum diterapkan di jaringan pustikom free access. Proses pengujian perangkat menggunakan metode blackbox testing dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa desain pustikom free access dapat berjalan dengan baik dan dapat dijadikan referensi untuk diterapan pada hotspot pustikom free access.

Published
2020-12-01
Section
Articles