Analisis Perbandingan Antara Colocation Server Dengan Amazon Web Services (Cloud) Untuk Usabilitas Portal Swa.co.id Di PT. Swa Media Bisnis)

  • Lipur Sugiyanta Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta
  • Witri Adinda Nurahma

Abstract

Untuk mendukung usabilitas web portal nya, SWA Media Online menggunakan layanan web hosting Colocation Server dari Wowrack. Layanan Colocation Server dari Wowrack ini memiliki lokasi server fisik atau pusat data di Surabaya, Indonesia. Seiring berjalannya waktu, penggunaan Colocation Server dirasa semakin menghambat perkembangan perusahaan, terbukti dengan melambatnya akses ke web portal swa.co.id. Untuk itu, pada bulan Mei - Juni 2015 SWA Media Online memutuskan berpaling dari Colocation Server ke teknologi cloud terbaru. Pada akhir bulan Juni 2015, SWA Media Online resmi bermigrasi dari colocation ke Amazon Web Services. Dimana server fisik nya berada di Singapura (untuk pelanggan ASEAN). Untuk fitur yang digunakan, hampir sama seperti saat menggunakan colocation yaitu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, pada Amazon Web Services memberikan service atau fitur tambahan berupa adanya load balancer, auto scaling, dan bucket atau media penyimpanan. Metodologi yang peneliti terapkan dalam penelitian ini adalah metodologi analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa fitur tambahan yang diberikan Amazon Web Services mampu meningkatkan usabilitas portal dalam segi kemudahan dalam kecepatan akses portal. Kecepatan akses web portal meningkat lebih baik dibandingkan saat menggunakan Colocation Server.

Published
2017-05-12
How to Cite
SUGIYANTA, Lipur; NURAHMA, Witri Adinda. Analisis Perbandingan Antara Colocation Server Dengan Amazon Web Services (Cloud) Untuk Usabilitas Portal Swa.co.id Di PT. Swa Media Bisnis). PINTER - Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 70-75, may 2017. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pinter/article/view/1897>. Date accessed: 24 sep. 2017.
Citation Formats
Section
Articles