PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

DEVELOPMENT OF CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MEDIA IN ENGLISH SUBJECT FOR CLASS X IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL

  • Rifa Usaifa Universitas Negeri Jakarta
  • Mochammad Sukardjo Universitas Negeri Jakarta
  • Murni Winarsih Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Bahasa Inggris, media pembelajaran interaktif, pengembangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dirancang berdasarkan karakteristik pembelajaran dengan bantuan komputer atau CAI (Computer Assisted Instruction) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris di SMK. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang belum mencapai standar kompetensi yang ditetapkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengmbangan yang digunakan untuk mengembangkan media CAI ini adalah model Hannafin and Peck. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dokumen hasil pembelajaran dan tes. Hasil uji validasi pakar materi, media, desain instruktional, uji satu-satu, uji kelompok kecil serta hasil uji lapangan dengan menggunakan perhitungan t-test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media CAI. Dengan kata lain media CAI untuk pembelajaran Bahasa Inggris dinilai efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

The purpose of the study is to develop an interactive learning media that are designed based on the characteristics of learning with the help of computer or CAI (Computer Assisted Instruction) to improve English learning outcomes in vocational high school. This learning media was developed to help Vocational High School students who have not yet reached the competency standards set in English subjects. The research method used is a research and development method. The development model used to develop CAI media is the model from Hannafin and Peck . Data were collected using questionnaires, interviews, learning outcomes documents and tests. Validation test results for material, media and design experts instructional, one-on-one test, small group test and the results of field tests using t-test calculations showed that there were significant differences in student learning outcomes before and after using CAI media. In other words, CAI media for learning English was considered effective and can help improving students’ learning outcomes.

Published
2020-10-27
How to Cite
Usaifa, R., Sukardjo, M., & Winarsih, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 137 - 146. https://doi.org/10.21009/PIP.342.8