DAMPAK PENGHARGAAN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI

THE IMPACT OF REWARDS IN LEARNING OF SOCIAL SCIENCES IN CLASS V PUBLIC ISLAMIC PRIMARY SCHOOL

  • Iza Syahroni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Dampak, IPS, Pembelajaran, Penghargaan, Impact, Social Sciences, Learning, Reward

Abstract

Tercapainya tujuan pembelajaran tidak terlepas dari kreativitas guru dalam proses pembelajaran, salah satu dari kreativitas tersebut adalah dengan guru memberikan reward. Pemberian penghargaan atau reward kepada siswa merupakan sesuatu hal yang penting karena dapat membangkitkan atau mengembangkan minat siswa. Pemberian reward memberikan dampak pada proses pembelajaran terutama pada masa anak-anak yang sedang duduk di bangku sekolah dasar seperti siswa merasa senang dan mereka akan bangga dengan apa yang sudah dikerjakan. Dengan adanya rasa seperti ini maka siswa akan termotivasi untuk mengembangkan minatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pemberian reward dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas V MI Negeri di Lombok Barat. Dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Lombok Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ditemukan bahwa, dampak pemberian reward dalam proses pembelajaran IPS adalah meningkatnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan antusias belajar siswa, meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa lebih bisa dikendalikan tingkah lakunya ketika proses pembelajaran berlangsung.

 

Achieving learning objectives is inseparable from the creativity of teachers in the learning process, one of the creativity is giving rewards by teachers. Awarding or rewarding students is important because it can awaken or develop students' interest. Reward giving has an impact on the learning process, especially for elementary school children because the reward will make theem feeling happy and proud of what has been done. This study aims to find out how the impact of rewarding in the learning process of IPS subject for class V students of MI Negeri 1 Lobar using descriptive qualitative research. Data source consists of subject teachers and students of class V MI Negeri I Lobar. Data collection techniques used are observation, interview and documentation.  The results of the study conclude that rewarding impacts learning process such as increasing attention, enthusiasm, participation of students and were more able to control their behavior during the learning process.

Author Biography

Iza Syahroni, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Magister Psikologi Pendidikan Islam
Universitas Islam Negeri  Sunan Kalijaga Yogyakarta

Published
2021-04-27
How to Cite
Syahroni, I. (2021). DAMPAK PENGHARGAAN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 37 - 44. https://doi.org/10.21009/PIP.351.4